Senin, 26 Mei 2014

AWAL DARI SEBUAH PERJUANGAN



    Gimana nih adek-adek? pengumuman SNMPTN nya udah nongol belum? hehe :)
mau sedikit sharing aja nih tentang mimin pas nunggu pengumuman SNMPTN, rasanya bener-bener deg-degan. Pas saat itu Pengumuman SNMPTN berlangsung ketika malam sebelum keesokannya diadakan perpisahan di SMA.  Saat itu, mimin pas bebarengan dengan temen-temen mimin yang sedang ada latihan untuk perpisahan keesokan harinya. Kami semua juga ada rasa deg-degan mengenai hasil pengumuman tersebut, apakah diterima di PTN yang diinginkan atau coba lagi dengan cara lain (SBMPTN/UM). Alhasil, kami semua harus coba lagi, terlihat muka-muka temen mimin diambang kekecewaan dan seperti tidak ada harapan hidup :D setelah sebelumnya bergantian meminjam gadget untuk melihat hasil SNMPTN tersebut. Dan saat itulah, mimin langsung bingung karena mimin tidak banyak rencana jika SNMPTN mimin gagal, karena mimin tidak berniat untuk mengikuti SBMPTN, mungkin karena terlalu pede.
         Keesokan harinya mimin berangkat ke acara perpisahan sekolah yang pada kemarin malam tidak terlalu bersemangat untuk tampil di acara tersebut. setelah tampil. mimin bergabung ke kawan-kawan mimin. Ternyata tidak sedikit pula dari mereka yang gagal untuk lolos di SNMPTN dan mereka tidak berhenti berusaha sampai kegagalan ini, mereka mencoba untuk mengikuti SBMPTN yang akan dilaksanakan sekitar 1 bulan lagi. Pada awalnya mimin tidak ingin mencoba tes tertulis SBMPTN tersebut. Tapi mimin pun sadar bahwa untuk mencapai impian tidak semudah dan sesantai menunggu malam tiba (hanya menuggu tanpa berbuat apa-apa) dan untuk mencoba atau mendapat pengukuran diri apakah mimin bisa masuk ke jurusan yang mimin inginkan pada saat itu serta untuk rencana lebih lanjut lagi karena You Can't manage, What you can't Measure.(Peter Drucker)
Akhirnya mimin memutuskan untuk mengikuti tes SBMPTN untuk bisa masuk ke jurusan yang mimin minati dan sekaligus untuk mengukur kemampuan mimin. Perjuangan pun baru dimulai '_'9 (to be continued)

   nah untuk adek-adek yang gagal dalam SNMPTN ini, janganlah merasa putus asa gundah atauupun lainnya. Perjuangan kalian masih panjang. Kalian masih bisa mengikuti SBMPTN,UM,atau UMBPTN. dan yang terpenting adalah jangan membuat keinginan untuk masuk ke sebuah jurusan kalian berubah gara-gara banyaknya saingan kalian untuk masuk kesitu. Minat Kalian adalah yang terpenting, percuma kalian jika sudah masuk tapi tidak meminati jurusan tersebut, yang ada kalian tidak semangat untuk kuliah. Masalah banyaknya saingan adalah tugas kalian untuk belajar lebih keras. Yang kedua adalah jangan terpaku hanya kepada universitas favorit, dan mengenyampingkan jurusannya. Jadi kalian jangan memilih jurusan asal-asalan yang penting berada dalam Universitas ternama dan favorit, maka kalian hanya mendapat nama dan gengsi, tanpa mendapat skill dari jurusan tersebut karena bisa saja setelah kuliah kalian tidak cocok dengan jurusan itu. Pilihlah jurusan yang kalian minati entah dari Universitas mana saja. Dan yang menjadi acuan kalian adalah akreditasi jurusan tersebut. :)


Selamat bagi yang di terima SNMPTN dan Selamat berjuang kembali bagi yang kurang beruntung :)

0 komentar :

Posting Komentar